"WELCOME TO MANGASINOPSIS"

WEBBLOG INI BERISI SINOPSIS (SINOPSYS), REVIEW, RINGKASAN KOMIK (MANGA, MANHWA) YANG SUDAH TERBIT, BELUM ATAU AKAN TERBIT DI INDONESIA DAN AKAN SELALU DIUPDATE. KARENA ITU JANGAN LUPA UNTUK KUNJUNGI SITUS INI!_!

http://mangasinopsis.blogspot.com/
Google
 

Selasa, Januari 29, 2008

LOVE HINA


JUDUL : LOVE HINA

PENGARANG : KEN AKAMATSU

RATING : 17+

GENRE : SHONEN,ROMANCE,COMEDY

PENERBIT : ACOLYTE, MEGINDO

NILAI (1 - 10) : 9



Manga Love Hina mulai diterbitkan pada tahun 1998, lalu animenya menyusul pada tahun 2000, masa dimana distribusi anime semakin cepat dan meluas, dan membuka generasi baru fans anime. Manganya dibuat sebanyak 14 jilid, beserta beberapa fanbook. Sementara anime terdiri atas 25 episode, ditambah 2 movie special, serta 3 episode OVA Love Hina Again. Di Indonesia, manga Love Hina sendiri pernah diterbitkan oleh Acolyte, dan sekarang diterbitkan oleh Megindo.

Sinopsis (Synopsis):

Awal cerita dari LOVE HINA adalah janji antara kedua tokoh utamanya, Keitarou Urashima dan seorang gadis teman mainnya sewaktu kecil. Mereka percaya sebuah legenda bahwa pasangan kekasih yang bersama-sama masuk ke Toudai (Tokyo University) akan bahagia selamanya, mereka membuat janji bersama pada waktu kecil bahwa kelak mereka akan sama-sama ke Toudai. Bertahun-tahun pun berlalu, Keitarou sudah berumur 20 tahun, dan dia masih belum juga berhasil masuk ke Toudai, bahkan sudah 2 tahun berturut-turut gagal ujian masuk. Orang tuanya pun sudah tak peduli lagi, sehingga Keitarou terpaksa mencari tempat tiggal ke neneknya yang membuka usaha penginapan dan pemandian air panas bernama Hinata. Saat ia tiba disana, tak ada seorangpun yang ditemuinya. Mungkin karena sedang sepi. Karena itu setelah melihat-lihat, Keitarou memutuskan untuk pergi ke pemandian air panas terlebih dulu. Di sanalah ia bertemu dengan seorang penghuni lain, Narusegawa Naru, seorang perempuan yang sedang berendam. Karena merasa diintip Keitarou, apalagi tempat itu adalah asrama perempuan (bukan penginapan lagi), Naru langsung menghajar Keitarou. Penghuni lainnya yang muncul kemudian juga sama saja, tidak menyambut Keitarou karena alasan yang jelas, karena ia seorang laki-laki hidung belang dan mesum. Barulah setelah babak belur, bibi Keitarou datang dan menjelaskan padanya bahwa Hinata sekarang sudah bukan penginapan lagi melainkan asrama putri. Artinya laki-laki jelas tak boleh masuk. Saat ingin menjelaskan tujuan kedatangannya, para penghuni itu malah salah dengar bahwa Keitarou adalah mahasiswa Toudai. Terlebih lagi jurusan hukum dan telah tahun kedua! Padahal sebenarnya Keitarou masih berusaha untuk lolos ujian masuk. Namun mereka sudah tidak mendengar dan makin lama Keitarou makin terjerumus dalam kebohongan dan makin menyulitkan posisinya untuk mengatakan hal yang sebenarnya. Baru beberapa hari saja kebersamaan mereka, Keitarou sudah memutuskan untuk menyerah masuk ke Toudai. Namun sebelum pulang nenek Keitarou malah mewariskan asrama itu pada Keitarou, sekaligus memberikan tugas sebagai pengurus asrama. Perubahan kontras ini membuat para penghuni yang ada tak bisa melawan lagi. Namun bukan berarti mereka menerima, karena hidup Keitarou setiap hari penuh dengan kesusahan, selalu diperintah untuk mengerjakan berbagai pekerjaan berat di asrama. Berlanjutlah kisah hidup keitarou yang penuh perjuangan untuk dapat masuk ke Toudai dan perjuangan dalam mencari cewek yang mengikat janji dengannya sewaktu kecil.

Tanggapan

Menurut saya cerita ini secara kesuluruhan merupakan cerita yang sangat baik. Untuk anime bergenre “harem” seperti ini, Love Hina adalah salah satu judul yang berpengaruh. Dari segi cerita , Love Hina merupakan manga yang sangat baik. Manga ini memberi kita pelajaran agar tidak pernah putus asa untuk meraih cita-cita yang kita impikan, terus berusaha dan berusaha. Jika gagal berulang kali, berusaha lebih keras lagi dan lagi. Manga ini telah memberikan inspirasi kepada teman saya untuk tidak meninggalkan bangku sekolah pada saat SMP demi meraih cita-citanya menjadi seorang dokter. Selain itu manga ini juga mengajarkan pada kita bahwa sikap tegas dalam percintaan itu sangat dibutuhkan. Jangan sampai orang yang anda sukai direbut oleh orang lain karena ragu-ragu dalam menyatakan cinta pada orang lain. Kekurangan utama Love Hina yang sering disorot adalah terlalu banyaknya fan service. Kemudian hubungan antara Naru dan Keitarou yang selalu tarik ulur sehingga terkesan memanjangkan cerita (seperti Tersanjung yang panjanggggggggggg sekali ceritanya). Memang, dari plot jangka pendek, ada banyak kekurangan, misalnya adegan Keitarou dihajar di tengah adegan penting (walaupun bagi saya tidak masalah, karena hal itu membuat manga ini menjadi lucu), seakan Akamatsu Ken kesulitan meneruskan plot dan butuh pemecah perhatian. Sisi bagusnya, asal tidak terpaku pada kekurangan yang tadi, sebenarnya manga ini komedi yang sangat menarik. Sisi dramanya pun menarik. Walau memang bukan drama yang menguras air mata, tapi punya suasana hangat untuk diikuti. Seperti saat melihat berkembangnya hubungan teman yang selalu meriah, yang akan ikut memancing senyum kita.

Gambar

Dari segi gambar, selang waktu dari Negima memang cukup terlihat bedanya. Gaya gambar love hina sampai akhir masih lebih mirip dengan karya pertama Akamatsu Ken, yaitu A.I.ga Tomaranai. Bahkan boleh disebut gambarnya masih lebih bagus, walau kalah dalam hal detail. Namun secara keseluruhan, gambarnya sudah cukup baik, gaya gambar yang unik dari Akamatsu Ken sangat terasa dalam manga ini.

Review by: Niki Luna

1 komentar:

abdurrozaq mengatakan...

buka ya website saya
http://green-reaper.blogspot.com