"WELCOME TO MANGASINOPSIS"

WEBBLOG INI BERISI SINOPSIS (SINOPSYS), REVIEW, RINGKASAN KOMIK (MANGA, MANHWA) YANG SUDAH TERBIT, BELUM ATAU AKAN TERBIT DI INDONESIA DAN AKAN SELALU DIUPDATE. KARENA ITU JANGAN LUPA UNTUK KUNJUNGI SITUS INI!_!

http://mangasinopsis.blogspot.com/
Google
 

Jumat, Mei 16, 2008

JUUSHIN ENBU


JUDUL : JYUUSHIN ENBU

PENGARANG : HIROMU ARAKAWA

RATING : SU

GENRE : SHONEN,FANTASY

PENERBIT :

NILAI (1-10) : 8

Manga Jyuushin Enbu karya Hiromu Arakawa yang pernah sukses dengan Fullmetal Alchemist ini diserialisasikan di majalah Gangan Powered yang diterbitkan oleh Square Enix sejak 21 Oktober 2006. Sekarang manga ini telah dibuat animenya dengan judul Jyuushin Enbu-Hero Tales yang telah mengudara sejak 7 Oktober 2007 dan rencananya akan dibuat sebanyak 26 episode.

Ringkasan Cerita:

Bersettingkan di kota kecil nan indah bernama Taishan yang terletak di negeri Cina yang penuh kekacauan. Manga ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Taitou Shirei yang memiliki tanda bintang utara di tubuhnya. Konon legendanya tanda itu salah satu tanda dari 7 bintang utara yang akan menguasai seluruh negeri. Diluar orang-orang yang memiliki tanda bintang di tubuhnya juga terdapat perseteruan antara dua kelompok keturunan bangsawan, yaitu kelompok Hagun dan Tonrou. Beberapa orang yang memiliki tanda bintang lahir di salah satu kelompok tersebut. Ada yang menjadi pejabat kerajaan dan rakyat biasa. Kedua kelompok itu tidak ditakdirkan untuk hidup berdamai sampai akhirnya takdir mempertemukan kedua kelompok tersebut dalam pertarungan yang mematikan.

Tadinya Taitou tidak menyadari jika ia ditakdirkan untuk itu, hingga suatu hari ia bertemu dengan Keirou yang dating seorang diri untuk mengambil pedang Kenkaranpu yang dijaga oleh teman-temannya disebuah kuil. Pedang Kenkaranpu adalah pedang yang menjadi lambing kekuasaan kaisar negeri itu. Hanya orang terpilih yang bisa menariknya dari sarungnya.

Teitou yang sedang marah langsung menyerang Keirou seorang diri. Akan tetapi dia langsung dikalahkan oleh Keirou yang ahli dalam pertempuran. Namun karena keirou lengah, Taitou berhasil merampasnya. Tiba-tiba Taitou bisa mecabut pedang tersebut dari sarungnya dan secara bersamaan kekuatan Houshin Tenkun dalam dirinya pun muncul.

Taitou segera mengayunkan pedangnya kea rah Keirou dan berhasil melukai wajah Keirou. Namun karena Taitou kurang berpengalaman dalam bertarung, saat ia lengah pedang Kenkaranpu pun kembali berpindah tangan dan dibawa kabur oleh Keirou. Akhirnya cerita terus berlanjut, dan Taitou bertemu dengan Ryuukou yang juga memiliki tanda bintang. Taitou memiliki seorang adik perempuan bernama Laila. Bersama Laila dan Ryuukou, mulailah Taitou berpetualang untuk membalaskan dendamnya, mengambil pedang Kenkaranpu, dan menemukan jalan hidupnya.

Tanggapan :

Menurut saya cerita ini secara kesuluruhan merupakan cerita yang cukup baik. Sejak awal, cerita ini telah menunjukkan kesan fantasy yang sangat kental. Ceritanya tidak terlalu berbelit-belit dan mudah dimengerti, bahkan mungkin untuk anak umur 7 tahun. Tapi disitulah letak kekurangannya, karena ceritanya mudah ditebak, sehingga menurut saya jadi agak membosankan. Tapi bagi yang memang menyukai cerita fantasy, manga ini cukup layak untuk dibaca. Di dalam manga ini terkandung berbagai macam pesan dari pengarang yang patut untuk dicontoh, seperti persahabatan dan mungkin kerja keras.

Gambar :

Dari segi gambar, tidak beda jauh dengan kualitas gambar dari Manga karya sebelumnya Fullmetal Alchemist, namun dari segi detail menurut saya masih lebih baik Fullmetal Alchemist.

Review by: niki luna

Tidak ada komentar: