"WELCOME TO MANGASINOPSIS"

WEBBLOG INI BERISI SINOPSIS (SINOPSYS), REVIEW, RINGKASAN KOMIK (MANGA, MANHWA) YANG SUDAH TERBIT, BELUM ATAU AKAN TERBIT DI INDONESIA DAN AKAN SELALU DIUPDATE. KARENA ITU JANGAN LUPA UNTUK KUNJUNGI SITUS INI!_!

http://mangasinopsis.blogspot.com/
Google
 

Senin, Februari 18, 2008

VAGABOND


Judul : Vagabond

Pengarang : Takehiko Inoue

Penerbit : Level Comics

Genre : Action, Historical, Samurai.

Rating : 21+

Nilai (1-10) : 8

Vagabond (bagabondo dalam dialek jepang) diangkat dari cerita novel Musashi karya Eiji Yoshikawa yang bercerita mengenai Miyamoto Musashi, seorang samurai yang ingin menjadi samurai nomor satu di dunia. Ceritanya jelas tidak sepenuhnya sama dengan novel asli.

Vagabond diterbitkan di Jepang pada tahun 1998 oleh Kodansha. Di Indonesia diterbitkan oleh Level comics dan sudah mencapai jilid 21. Sebenarnya manga ini lebih dahulu diterbitkan oleh penerbit tidak resmi di Indonesia dan sudah mencapai jilid 24. Berkat manga karyanya ini, pada tahun 2002, Takehiko Inoue menerima penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka.

Sinopsis (synopsis)

Cerita berawal setelah perang Sekigahara. Shimmen Takezo dan Matahachi ikut berperang sebagai prajurit dalam pertempuran tersebut. Tetapi sayang, pihak yang mereka bela kalah sehingga mereka menjadi buronan tentara yang menjadi lawan mereka sewaktu perang. Dengan beringas dan sadis, Shimmen Takezo berhasil membereskan tentara tersebut.

Mereka kemudian melanjutkan pelarian mereka dan bertemu seorang janda bernama Oko dan putrinya. Di sini mereka diserang oleh sekelompok bandit pimpinan Tsujikaze Tenma yang sepertinya ingin mengangkat Oko menjadi istrinya. Seperti saat melawan tentara tadi, Shimmen Takezo berhasil membereskan tentara tersebut. Tetapi sayang, karena tertarik dengan kecantikan Oko, Matahachi ikut kabur bersama Oko dan pergi meninggalkan Takezo.

Setelah tiba di desanya, Miyamoto, Shimmen menceritakan semua kejadian yang telah ia alami begitu pula dengan kepergian Matahachi. Tetapi Ibu Matahachi yang sepertinya tidak begitu setuju dengan pertemanan Takezo dan Matahachi, tidak memercayai cerita tersebut. Tambah lagi karena Matahachi telah bertunangan dengan Otsu, teman masa kecilnya bersama Takezo. Ia malah menuduh macam-macam pada Takezo dan menjebaknya sehingga Takezo menjadi buronan di kampungnya. Dari sini masa lalu Takezo mulai sedikit terungkap. Takezo besar di gunung dan hutan, bisa dibilang gunung adalah rumahnya. Juga sedikit diungkap mengenai ayahnya yang ingin dibunuhnya (tak jelas mengapa ia ingin membunuh ayahnya, mungkin ini salah satu didikan ayahnya yang keras).

Takezo kemudian berhasil ditangkap oleh Otsu dan seorang rahib konyol bernama Takuan Soho. Takuan lalu menasehati Takezo atas tindakan beringas dan sadisnya selama ini. Takuan lalu memberi identitas baru pada Takezo, sekarang ia bernama Miyamoto Musashi (Miyamoto diambil dari nama desa tempat ia tinggal).

Musashi lalu berkelana ke seluruh negeri menantang semua samurai yang terkuat. Dimulai dari dojo Yoshioka. Di sana ia bertarung dengan Yoshioka Denshichiro. Sebenarnya ia ingin bertarung dengan Yoshioka Seijurou sebagai yang terkuat di Dojo tersebut, tetapi Seijurou tak mau (meskipun pada akhirnya nanti Musashi bertarung juga dengan Yoshioka). Setelah itu ia bertolak ke Hozoin. Di sini dia menentang ketua perguruan Hozoin yang jago tombak meskipun masih muda, Hozoin Inshun.

Setelah dari sini, Musashi mulai menantang beberapa samurai terhebat seperti Yagyu Muneyoshi Sekihusai, dan Sishido baiken.

Vagabond bukan hanya bercerita mengenai kehidupan Musashi. Kalau tidak salah, pada jilid 18, alur vagabond mengarah ke kehidupan Sasaki Kojiro yang akan menjadi rival terberat Musashi. Ketika masih bayi, Kojiro dikirim ke Ise melaui laut oleh ayahnya untuk diasuh oleh gurunya, Kanemaki Jisai bersama sebuah pedang panjang. Sepertinya semua keluarganya akan segera meninggal sehingga Kojirou dikirim seperti ini. Jisai yang kehidupannya begitu miskin baru menyadari bahwa Kojirou sebenarnya tuli. Kojirou juga sangat menyukai pedang, dari sini terlihat bakatnya sebagai seorang samurai hebat. Ia pernah diganggu oleh anak-anak di desanya, tetatpi semuanya kalah dihajar Kojirou. Bos gerombolan anak tersebut, Kusanagi Tenki kemudian menjadi teman Kojirou.

Saat berumur belasan tahun, Kojiro dan Tenki menantang Fudou, seorang samurai kurang waras yang selalu meminta anak perempuan berumur 14 tahun di desa tempat tinggal Kojiro dan Tenki, untuk bersenggama dengannya. Dari sini, Kanemaki Jisai mulai melihat kekejaman dari dalam diri Kojiro sehingga ia tidak mau mengajarkannya ilmu pedang sekalipun Kojiro selalu memohon padanya. Tetapi bagaimanapun, bakat Kojiro tak bisa ditutupi.

Kojiro remaja kemudian diajak berkelana oleh Itto Ittosai, seorang samurai terkenal mantan murid Kanemaki Jisai, setelah melihat bakat Kojiro. Dari perjalanannya ini, kemampuan Kojiro semakin meningkat, hingga akhirnya mereka sampai ke tempat pertempuran Sekigahara. Di sini dia bertemu dengan Musashi yang juga sedang membantai para tentara yang menyerangnya. Itto Ittosai berkata bahwa mereka berdua (Musashi dan Kojiro) akan bertemu kembali dan akan berduel.

Tanggapan

Lumayan panjang juga sinopsis yang kupaparkan di atas. Mungkin ini synopsis terpanjang dari semua synopsis yang telah kubuat. Kubuat sepanjang itu karena kupikir semua bagian yang telah kupaparkan di atas adalah bagian yang penting untuk dijadikan synopsis. Mohon maaf kalau ceritanya terlalu banyak kubeberkan sehingga komiknya tidak asyik lagi untuk mereka yang belum membacanya.

Adegan kekerasan, sadis, dan sex terlalu banyak di manga ini, sehingga ratingnya kunaikkan tinggi. Hal ini pula yang menyebabkan manga ini banyak menuai kritik. Kadang-kadang komik ini ceritanya membosankan, tetapi beranjak seru terutama saat tokoh-tokohnya bertarung. Banyak hal yang tidak kumengerti di manga ini, seperti perkataan tokoh-tokohnya, yang kadang aneh (mungkin ini dikarenakan karena terjemahan komik terbitan tidak resmi yang kubaca tidak begitu baik, tetapi mungkin juga komik ini memang bercerita seperti itu, entahlah). Hal ini membuat saya tidak terlalu mengerti maksud dari beberapa perkataan atau pun nasihat tokoh-tokohnya.

Nama Musashi Miyamoto memang sudah sering kudengar, tetapi ceritanya baru benar-benar kutahu setelah membaca komik ini, meskipun ceritanya tidak 100% sama dengan novel asli. Yang hebat dari Musashi, teknik berpedangnya dia ciptakan sendiri dari pengalamannya bertarung dan hidup sendirian di gunung. Bisa dibilang, alam yang mengajarinya bertempur. Ia bukan berasal dari suatu perguruan atau berguru teknik berpedang pada seseorang. Memang dia pernah berguru pada Takuan Soho dan Hozoin In’ei. Tetapi yang diajarkan padanya hanyalah nasihat hidup yang memang digunakan Musashi untuk bertarung. Begitu pula halnya dengan Sasaki Kojiro, dari kecil dia tak pernah diajari ilmu pedang oleh Jisai. Dia hanya menatap Jisai dari jauh yang sedang mengajari ilmu pedang pada anak-anak di desanya. Dia juga tak nampak pernah diajari oleh Itto Ittosai. Tambah lagi dia tuli, yang berarti dia belajar dari apa yang sudah dilihatnya.

Bisa dikatakan kemampuan bertempur Musashi didapatnya sewaktu hidup sendirian di gunung. Sedangkan Kojiro dari bakat samurainya

Gambar

Ilustrasi Takehiko Inoue memang salah satu yang terbaik di antara sekian banyak manga. Ilustrasinya memang bagus dan realistis. sekitar jilid 18, Inoue mulai menggunakan kuas sepenuhnya untuk menggambar komik ini. Sehingga hasilnya tampak seperti lukisan.

Penggemar komik Slam Dunk dan Real mungkin tidak asing lagi dengan gaya gambar Takehiko Inoue. Di Vagabond, gambar Takehiko Inoue lebih dewasa, detail, dan realistis. Gaya gambar seperti ini mungkin kelihatan berat untuk anak-anak atau orang yang baru mengenal komik

Review by: Arsnet (pendekarsupersakti@gmail.com)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

"Adegan kekerasan, sadis, dan sex terlalu banyak di manga ini, sehingga ratingnya kunaikkan tinggi."

Yang ini banyak yang suka. Hahaha ...
Slam dar:

Onytu.co.cc

MANGA SINOPSIS mengatakan...

....Sudah 21 tahun belum?^_^