"WELCOME TO MANGASINOPSIS"

WEBBLOG INI BERISI SINOPSIS (SINOPSYS), REVIEW, RINGKASAN KOMIK (MANGA, MANHWA) YANG SUDAH TERBIT, BELUM ATAU AKAN TERBIT DI INDONESIA DAN AKAN SELALU DIUPDATE. KARENA ITU JANGAN LUPA UNTUK KUNJUNGI SITUS INI!_!

http://mangasinopsis.blogspot.com/
Google
 

Senin, Januari 28, 2008

MONSTER



JUDUL : MONSTER

PENGARANG : URASAWA NAOKI

PENERBIT : M & C COMICS

GENRE : MISTERY, HORROR, DRAMA, HISTORICAL

RATING : 18 +

NILAI(1 – 10) : 8,5

Penggemar manga 20th Century Boys pasti tidak asing lagi dengan Manga ini. Manga ini diterbitkan berseri di majalah Big Comic Original antara tahun 1995 hingga 2001 dan dibukukan menjadi 18. Anime MONSTER disiarkan di Jepang mulai pada tanggal 6 April 2004. Di Indonesia, manga MONSTER diterbitkan oleh m&c comics pada tahun 2003. Direncanakan versi live-action layar lebar film ini akan dirilis pada tahun 2008.

Manga ini tamat pada jilid 18, dan sudah lama tamat di Indonesia.

Sinopsis (Synopsis)

Monster bercerita tentang Dr. Kenzo Tenma, seorang dokter asal jepang yang penuh dengan prestasi. Ia bekerja di Dusseldorf, Jerman pada tahun 1980-an. Bagaimanapun juga ia tidak senang dengan pengaruh politik dalam memperlakukan pasiennya (semacam kolusi, nepotisme) di rumah sakit tempat ia bekerja.

Suatu hari, suatu kejadian membawa si kembar cilik Johan dan Anna Liebert diopname di rumah sakit tempat Dr. Tenma bekerja. Johan mendapat luka tembakan di kepalanya dan Anna terus menyebut-nyebut tentang suatu pembunuhan. Operasi pembedahan untuk menyelamatkan Johan hanya dapat dilakukan oleh Dr. Tenma. Dan Dr. Tenma memutuskan untuk mengurus Johan daripada politikus termuka yang juga berobat di situ.

Hingga akhirnya Johan dapat diselamatkan dan politikus tersebut meninggal. Dr. Tenma kemudian kehilangan seluruh status sosialnya dan juga Eva, tunangannya yang juga anak kepala rumah sakit tempat Dr. Tenma bekerja.

Kemudian suatu kejadian misterius mengakibatkan Heinemann, kepala rumah sakit (Ayah Eva) dan beberapa dokter yang menentang Tenma tebunuh. Tenma sempat disangka sebagai tersangka pembunuhan. Namun karena tidak ada bukti yang cukup ia pun dibebaskan.

Sembilan tahun kemudian, seorang kriminal ditemukan di jalan tertabrak mobil. Dr. Tenma menangani orang tersebut yang selalu menggumam tentang "Monster". Hingga suatu senja, Dr. Tenma menemukan penjaga di depan kamar kriminal tersebut telah meninggal dan orang itupun telah menghilang. Dr. Tenma kemudian mengikuti jejak kriminal tersebut hingga ke sebuah bangunan yang terbengkalai. Di situ, ia bertemu dengan seseorang yang tengah menodongkan senjatanya ke arah kriminal tersebut. Dr. Tenma kemudian mengenali orang tersebut sebagai Johan anak yang pernah diselamatkannya dulu. Tanpa ragu Johan kemudian menembak kriminal tersebut hingga tewas. Johan lalu menghilang di tengah kegelapan malam. Dr. Tenma yang menyaksikan kejadian tersebut, tertegun melihatnya. Dr. Tenma kembali berurusan dengan polisi dan dinyatakan sebagai tersangka. Namun tetap tidak ada bukti yang membuktikan Dr. Tenma sebagai tersangka.

Cerita terus berlanjut hingga membuat Dr,. Tenma mengejar Johan, dan berusaha mengungkap misteri di balik Johan, yang konon ada hubungannya dengan Adolf Hitler, si penguasa jerman pada era perang dunia pertama. Dr. Tenma juga sempat menyesal mengapa ia pernah menyelamatkan nyawa Johan, seorang psikopat. Dan bersumpah akan membunuhnya dengan tangannya sendiri.

Tanggapan

Jarang komik Jepang berlatar tempat di negara-negara Eropa seperti komik ini. Jarang pula bertema thriller seperti komik ini. Seperti layaknya komik karangan Urasawa Naoki, komik ini selalu penuh dengan misteri dan hal-hal yang menegangkan. Membaca komik ini seperti membaca sebuh novel thriller pembunuhan. Satu hal yang saya suka, komik ini lumayan cepat tamatnya (jilid 18). Sehingga ceritanya tidak terlalu berbelit-belit.

Gambar

Gambarnya tetap sederhana, rapi dan khas Urasawa Naoki. Bisa dibilang gambar komik ini terbilang jarang di antara komik-komuik jepang pada umumnya.

Review by: Arsnet (pendekarsupersakti@gmail.com)

Tidak ada komentar: